Jumat, 28 Oktober 2016

Museum Tsunami , Aceh

Hasil gambar untuk museum tsunami aceh  Hasil gambar untuk museum tsunami aceh
     Museum tsunami Aceh adalah sebuah museum di banda Aceh yang di rancang sebagai monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami samudra hindia 2004 . sekaligus pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat andai tsunami terjadi lagi.

    Museum tsunami aceh di rancang oleh RIDWAN KAMIL . Didalam nya , pengunjung masuk melalui lorong sempit dan gelap diantara dua dinding air yang tinggi untuk menciptakan kembali suasana dan kepanikan saat tsunami. Dinding museum dihiasi dengan gamabar orang menari saman , sebuah makan simbolis terhadap ,kekuatan ,disipin, kepercayaan suku aceh. Dan atap museum ini membentuk gelombang laut . Lantai dasarnya dirancang mirip rumah panggung tradisional Aceh yang selamat dari terjangan tsunami.
 
Bangunan ini memperingati para korban, yang namanya dicantumkan di dinding salah satu ruang terdalam museum, dan warga masyarakat yang selamat dari bencana ini
Selain perannya sebagai tugu peringatan bagi korban tewas, museum ini juga berguna sebagai tempat perlindungan dari bencana semacam ini pada masa depan, termasuk "bukit pengungsian" bagi pengunjung jika tsunami terjadi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar