Minggu, 23 Oktober 2016

Kawah Ijen, Banyuwangi

Hasil gambar untuk kawah ijen banyuwangi 

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara kabupaten Banyuwangi dan kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. 

kawah Ijen merupakan objek wisata yang telah dikenal luas oleh wisatawan domestik maupun Mancanegara. Kawah ijen merupakan sebuah danau yang terletak di atas gunung ijen , membuat kawah tersebut di penuhi oleh air sehingga membentuk sebuah danau kawah yang menakjubkan . Yang menarik adalah kawah ini berada di tengah Kaldera yang terluas di pulau Jawa dengan diameter 6km. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter dengan kedalaman 200 meter.

Kawah Ijen merupakan salah satu kawah paling asam terbesar didunia. Yang memiliki tingkat keasaman lebih dari 0, sehingga dapat melarutkan tubuh manusia dengan cepat. Kawah Ijen dari ats gunung Ijen terlihat sangat indah , Kawah ini merupakan danau yang besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang yang sangat mempesona. Selain itu , udara dingin dengan suhu 10 derajat celcius bahkan bisa mencapai suhu 2 derajat celcius , akan menambah sensasi tersendiri. Berbagai tanaman yang hanya ada di dataran tinggi juga dapt ditemukan , seperti bunga Edelweis dan cemara gunung. 

Dan salah satu yang menjadi perhatian mengunjung adalah penambang belerang tradisional . Mereka dengan berani mendekati danau untuk menggali belerang dengan peralatan sederhana. Selain itu para penambang juga memanfaatkan sedikit kreativitas merekaa dengan membuat cendera mata dari belerang yang di cetak dalam aneka bentuk yang unik seperti bentuk kura-kura , hellokitty , dan sebagainya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar