Minggu, 23 Oktober 2016

Gunung Merbabu

Hasil gambar untuk gunung merbabu 

Gunung Merbabu adalah gunung berapi yang bertipe strato. Secara administratif gunung ini berada diwilayah kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, provinsi Jawa Tengah.
Gunung Merbabu di kenal melalui naskah-naskah masa pra-islam sebagi Gunung Damalung atau gunung pam(a)rihan. Di lereng nya pernah terdapat pertapaan terkenal dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manik pada abad ke 15. Menurut Etimologi, "Merbabu" berasal dari gabungan kata "Meru"(Gunung)dan "abu"(abu). Nama ini baru muncul pada catatan-catatan Belanda .

Jalur Pendakian

Gunung Merbabu cukup populer sebagai ajang kegiatan pendakian. Medannya tidak terlalu berat namun potensi bahaya yang harus diperhatikan pendaki adalah udara dingin, kabut tebal, hutan yang lebat namun homogen (hutan tumbuhan runjung, yang tidak cukup mendukung sarana bertahan hidup atau survival), serta ketiadaan sumber air. Penghormatan terhadap tradisi warga setempat juga perlu menjadi pertimbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar