Kamis, 27 Oktober 2016

Museum Fosil Sangiran




Hasil gambar untuk museum fosil sangiran  Hasil gambar untuk museum fosil sangiran

    Museum Purbakala Sangiran adalah museum arkeologi yang terletak di Kalijambe, Kabupaten sragen, Jawa tengah , Indonesia. Museum ini berdekatan dengan area situs fosil purbakala yang merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO . Situs Sangiran memiliki luas mencapai 56 km2 meliputi tiga kecamatan di Sragen ( Gemolong , Kalijambe , Plupuh ). serta kecamatan GondangRejo yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar . Situs Sangiran berada dalam kawasan Kubah sangiran yang merupakan bagian dari depresi Solo ,dikaki Gunung Lawu (17km dari kota Solo).

   Di museum dan situs Sangiran dapat diperoleh informasi lengkap tentang pola kehidupan manusia purba di jawa yang menyumbang perkembangan ilmu pengetahuan seperti Antropologi , Arkeologi , Geologi , Paleoanthropologi . Dilokasi situs sangiran ini pula , untuk pertama kalinya ditemukan fosil rahang bawah Pithecanthropus erectus ( salah satu spesies dalam Taxon Homo Erectus ) oleh Arkeolog , Jerman , Profesor Von Koenigswald.


Lebih menarik lagi , di area situs Sangiran ini pula jejak tinggalan berumur 2 juta tahun hingga 200.000 tahun masih dapat di temukan hingga kini. Relatif utuh pula , sehingga para ahli dapat merangkai sebuah benang merah sebuah sejarah yang pernah terjadi di Sangiran secara berurutan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar